Potensi Impor Produk Halal Malaysia

Serbuan Produk Halal dari malaysia akhirnya disorot oleh lembaga advokasi halal yang bernama IHW atau singkatan dari Indonesian Halal Watch. IHW telah menyurati Presiden Joko Widodo terkait adanya potensi serbuan produk ahahl yang berasal dari negara tetangga Malaysia. Hal ini digarisbawahi karena produk halal tersebut masuk ke Indoneisa tanpa adanya sertifikasi ulang yang dilakukan oleh MUI (majelis ulama Indonesia).
Produk Halal
Produk Halal

Untuk itu, Ikhsan Abdullah Direktur Indonesia Halal Watch meminta agar diberlakukan juga sertifikasi ganda pada produk halal asal malaysia oleh majelis ulama Indonesia dengan ahrapan tidak merugikan Indonesia. Karena sebelumnya, salaamgateway com mengutip pernyataan kantor berita malaysia bernama yang dipublikasikan akhir januari lalu menyebutkan bahwa pada bulan april 2019 mendatang, akan ada perjanjuan masuknya produk halal dari malaysia yang tidak memerlukan adanya proses verifikasi ulang kehalalan produk malaysia oleh majelis ulama Indonesia.

Ikhsan menuturkan, jika MoU tersebut dapat terlaksana maka Malaysia akan lebih diuntungkan karena Indonesia bisa menjadi pasar potensialnya. Sementara itu, di sisi lain para pelaku UMKM Nasional akan terancam pertumbuhan usahanya karena harus bersaing dengan produk impor asal malaysia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prediksi Swasembada Kedelai Nasional

Berapa Jumlah Maxx Coffe Buka Gerai Baru

Berita Bisnis : Di Jawa Barat Basis Pendukung Jokowi-Ma'ruf Pecah